Kebakaran Kapal Penumpang Satya Kencana IX

Kembali lagi insiden kebakaran kapal terjadi, kali ini menimpa kapal KM. SATYA KENCANA IX milik perusahaan PT. DLU  yang berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin. Seperti di beritakan oleh  BANJARMASINPOST.CO.ID telah terjadi kecelakaan kapal penumpang KM Satya Kencana IX mengalami kebakaran di Laut Jawa.
Kapal Penumpang Satya Kencana IX tersebut sendang mengangkut Jumlah penumpang sekitar 250 orang dari Surabaya menuju ke Banjarmasin, Kalsel.
Belum diketahui penyebab dari kebakaran yang menimpa kapal tersebut karena saat ini Tim SAR dan Polairud sedang fokus melakukan evakuasi. Sebenarnya insiden seperti ini bisa di minimalisir jika crew dan penumpang disiplin dalam menjalankan prosedur. Seperti halnya mencakup perawatan alat alat keselamatan. Contohnya alat pemadam api ringan atau di singkat APAR, saat api masih kecil sebenarnya masih bisa di padamkan dengan alat tersebut, sehingga api tidak menjalar ketempat lain dan menjadi besar. Tabung APAR sendiri setiap tahunnya juga harus di lakukan pengecekan dan perawatan dari service station yang sudah mendapat lisensi terkait hal tersebut. Perusahaan seperti Cipta Karya Samudera contohnya, yang sebelumnya juga sudah sering melakukan service dan inspection tahunan alat alat keselamatan kapal ( tabung apar dan liferaft) milik perusahaan PT. DLU.
 Semoga tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut dan semoga kedepan keselamatan pelayaran semakin di perhatikan oleh pemilik kapal ataupun stake holder di dunia perkapalan.

About cksmarine

CV. Cipta Karya Samudera adalah Perusahaan yang bergerak dibidang General Supply Keselamatan Kapal, yang terdiri Liferaft, Lifeboat, Alat Pemadam Api Ringan (Fire Extinguisher). welding water dan lain-lain.
View all posts by cksmarine →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *